Pengikut

maritime script

web site hit counter

About Me

Foto Saya
Konsultan Maritim
Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
Konsultan Maritim,lembaga untuk pemberian pendidikan dan pelatihan bidang kemaritiman khususnya angkutan laut niaga termasuk penyediaan buku-buku terkait baik yang dikarang oleh blogger sendiri maupun buku lainnya.Buku yng dikRng oleh Drs. FDC. Connie Sudjatmiko, MM antara lain: 1. Pokok-pokok Pelayaran Niaga, 2. Sewa-menyewa Kapal, 3. Hukum Dagang Laut Bagi Indonesia, 4. Sistem Angkutan Peti Kemas, 5. Pabean Ekspor Impor, 6. Ensiklopaedia Maritim. Buku-buku tersebut dapat dipesan melalui blog ini.
Lihat profil lengkapku

Sponsored by

Senin, 28 Mei 2012

DL: HALUAN BERUBAH

! D:\FDCS MARITIME BLOG.doc: The archive is either in unknown format or damaged
! D:\FDCS MARITIME BLOG.doc: The archive is either in unknown format or damaged
DL: HALUAN BERUBAH

Blogger “harus” menyampaikan apresiasi kepada Menteri BUMN bapak Dahlan Iskan, mengenai keputusannyan untuk mengoperasionalkan PT. Persero Djakarta (DL). Wah, menteri kok mencla-mencle begitu, mungkin anda berkomentar begitu; baru kemarin dia menyatakan tidak akan menghidupkan kembali DL seperti blogger ceritakan, eh sekarang berubah pikiran mau mengoperasionalkannya. Bagaimana menteri yang mencla-mencle dan menghamburkan dana rakyat (APBN) seperti diperahankan terus dalam kabinet Indonesia Bersatu jilid II? Simpan dulu komentar negatif anda setidaknya sampai selesai membaca kisah ini.
Menteri Dahlan Iskan sama sekali tidak mencla-mencle dan tidak menghamburkan dana APBN, justru beliau mengambil keputusan yang strategis sekali dan penuh pertimbangan matang dan realistis. Beberapa saat yang lalu beliau menetapkan menolak menghidupkan kembali DL karena menolak skema menghidupkan DL seperti kondisi semula yaitu sebagai perusahaan pelayaran internasional karena selama ini semua orang tahu, sejak beberapa tahun sebelumnya DL tidak mempunyai uang untuk membayar pengacara guna membebaskan kapal gurem miliknya yang ditahan di Singapore.
Kalau sudah begitu kondisinya dan mau dioperasinalkan kembali seperti semula, dana APBN lima tahun dikucurkan semua sekaligus juga tidak akan cukup. Sementara itu para petinggi yang berpikiran realistis menjaring masukan dari beberapa pensiunan DL yang pakar financing, pakar manajemen dan operasi perusahaan pelayaran yang ringkasannya dinaikkan kepada Menteri BUMN dan Menteri menetapkan untuk mengoperasionalkan kembali DL tetapi dengan haluan baru, haluan yang dirubah. DL akan diberi tugas baru sebagai pengangkut batubara dari sentra produksi ke kilang-kilang PLN (dan tentunya juga ke pemesan lain sesuai keadaan).
Untuk memungkinkan tugas itu terlaksana, sudah ada design untuk menggandeng perusahaan lain yang mempunyai atau mengoperasikan kapal bulk carrier pengangkut batubara untuk bergabung ke DL dalam pola KSO. Mungkin blogger akan tidak memperoleh akses bagi informasi mengenai design akhir KSO tersebut namun mengingat pengalaman DL dalam operasi pelayaran samudera maka dalam usaha gabungan itu DL akan diposisikan sebagai operator. Mungkin juga ada masukan bahwa operasi pengangkutan oleh perusahaan lain itu kurang mantap dan dipertimbangkan DL sebagai operator dapat meningkatkan operasi.
Hal yang sudah pasti adalah bahwa sebagaimana diinformasikan oleh seorang sahabat, pensiunan DL, para pensiunan akan mendapat bayaran tunai sebanyak uang pensiunan bulanan yang masih tertunggak, demikian juga pegawai aktif sekitar 70% akan dibayar tunai (tentunya dengan nominal lebih besar) dan hanya sekitar 30% pegawai tetap akan “dipakai”.
Menyimak solusi yang dirancang pleh Menteri BUMN, tampaknya perhitungan blogger mendekati kebenaran yaitu bahwa Menteri BUMN tidak menelantarkan pegawai-pegawai yang setia kepada DL dan para pensiunan ditambah pegawai yang “tidak terpakai” akan menerima bayaran putus, artinya tidak akan mendapat bayaran lainnya lebih lanjut. Sekali lagi, solusi inilah yang paling sesuai yaitu di satu sisi DL tidak dilikwidasi namun diperhatankan hidup walaupun dengan haluan yang dirubah. Hal ini juga, menunjukkan keputusan strategis yang realistis karena Pertama, tidak perlu merekrut tenaga ahli marketing yang jempolan karena pasa batubara sudah ada, tinggal meningkatkan saja. Kedua, dengan pemantapan operasi kapal, ada peluang DL sebagai ocean carrier dapat diraih. Amin.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Kepada Yth.
Bapak FDC Sudjatmiko
Di
Tempat.-

Dengan hormat,
Pertama-tama saya mengucapkan banyak terima kasih karena Anda telah melibatkan saya dalam masalah ini.
Blog Anda sudah saya baca.
Rupanya dalam masalah ini kita berseberangan, kalau Anda setuju dengan Keputus- an Menteri BUMN sebaliknya saya tidak setuju.
Alasan saya :
Para Pejabat Pemerintahan telah menggembar-gemborkan bahwa Negara kita Repu- blik Indonesia ini sebuah Negara Maritim Terbesar di Dunia.Tetapi jika DL dibubarkan atau tidak direfinance apakah benar Negara kita ini sebuah Negara Maritim ??? Sebab sebagai sebuah Negara Maritim kita harus punya Flag Carrier. Selama beberapa dekade ini DL adalah Flag Carrier Indonesia dan itu sudah dikenal dan diakui di seluruh dunia, dan DL telah menunjukkan kemampuannya dalam hal ini.
Memang, jika kita hanya melihat hanya dari aspek finansial, DL telah merugi besar. Tetapi menurut saya seharusnya Pemerintah introspeksi diri, tanya pada dirinya mengapa DL merugi ??? Menurut teman saya yang tahu dan mengerti tentang DL, katanya DL merugi karena DL diserahi tugas apa yang dahulu dilaksanakan oleh PT PANN. Saya setuju dan bisa mengerti, karena orang-orang DL tidak mengerti tentang membangun dan menjual kapal, keahlian mereka adalah dalam shipping atau angkutan/transportasi laut, yang telah mereka buktikan selama beberapa dekade yang lalu.
Dan menurut senior saya dahulu di AIP, Capt Harry Hilliard yang saat ini menjadi sa- lah satu Konsultan DL, menyatakan bahwa sebagai Shipping Company DL masih exist bah- kan masih sanggup meraih profit, tetapi kecil sehingga tidak bisa menutupi kerugian DL yang sedemikian besarnya.
Dan setelah membaca Blog
-Duirjat Rasjad-

Unknown mengatakan...

Salam sejahtera.

Kepada Pak Drs. FDC. Connie Sudjatmiko. Saya merasa bangga bisa bergabung dalam forum konsultan maritim ini dan menambah wawasan tentang kemaritiman indonesia. Untuk menambah wawsasan saya mengenai kemaritiman khususnya tentang container, sudilah bapak bisa menjelaskan kepada saya mengenai container, karena saya sangant membutuhkan informasi tentang container. Walaupun di kampus dulu pernah diajarkan tetapi rasa ingin tahu saya kepada container begitu besar. Kalau perlu saya mohon diberikan contoh buku yang mungkin Bapak jual secara online dan kalo merasa cocok saya akan pesan. Trimakasih atas kerjasama dan perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih

tahirahwagoner mengatakan...

How to Make a Trip to Las Vegas - JTM Hub
JTM's Las Vegas app 이천 출장샵 is available for iOS and Android. The app 광양 출장마사지 was launched 과천 출장마사지 in 정읍 출장마사지 2018. The free-to-play action allows you to do 안동 출장마사지 the same thing

Posting Komentar