Pengikut

maritime script

web site hit counter

About Me

Foto Saya
Konsultan Maritim
Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
Konsultan Maritim,lembaga untuk pemberian pendidikan dan pelatihan bidang kemaritiman khususnya angkutan laut niaga termasuk penyediaan buku-buku terkait baik yang dikarang oleh blogger sendiri maupun buku lainnya.Buku yng dikRng oleh Drs. FDC. Connie Sudjatmiko, MM antara lain: 1. Pokok-pokok Pelayaran Niaga, 2. Sewa-menyewa Kapal, 3. Hukum Dagang Laut Bagi Indonesia, 4. Sistem Angkutan Peti Kemas, 5. Pabean Ekspor Impor, 6. Ensiklopaedia Maritim. Buku-buku tersebut dapat dipesan melalui blog ini.
Lihat profil lengkapku

Sponsored by

Jumat, 16 Juli 2010

Sedikit tentang kapal catamaran

Anda tentunya tahuntentang kapal catamaran bukan? Belum, nah ini dia: kapal catamaran boleh anda sebut sebagai kapal lunas ganda, satu unit kapal laut yang mempunyai dua lunas (sehingga sebenarnya kapal tersebut juga mempunyai dua lambung yang masing-masing dibangun di atas lunas yang berbeda.

Pertimbangan memasang dua lunas itu tentu saja untuk meningkatkan laju kapal di mana kalau kapal mendapat angin haluan maka para pelaut di kapal tersebut, dengan "memainkan" layar-layar depan (pada kapal layar tentunya) maka angin haluan tersebut bisa "dipaksa" menghembus di bawah lambung ysng berdampak mengangkat lambung kapal dan dengan demikian laju kapal ditingkatkan.

Hal yang lebih penting lagi, apakah anda sudah mengetahuinya, adalah bahwa nenek moyang kita orang pelaut itu, pada abad pertengahan (sekitar abad 16 - 17) sudah mengenal kapal catamaran dan melayarkannya pula sampai sejauh Madagascar dan pantai timur Afrika sana. Nenek moyang itupun membangun kapal catamaran dengan cara yang amat sangat praktis dan pragmatis, begini: dua unit kapal yang sama dan sebangun (bahasa shippingnya: kapal-kapal sister ships) disandingkan pada lambung, lalu di bagian paling atas kapal dpakukan lembaran-lembaran papan tebal. Pada bagian lambung, arah atas, juga diberi penguat seperlunya.

Penulis blog ini tidak mempunyai informasi apakah di atas hamparan papan-papan itu diberi bangunan "super structure" tetapi rasanya tidak karena akan memberikan tambahan beban atas pada kapal, mengacaukan titik berat dan meta centrum kapal.

Demikianlah serba sedikit tentang kapal catamaran di mana sebenarnya anda sudah mengetahui namun kurang memperhatikan karena yang banyak kita lihat adalah kapal catamaran untuk keperluan olah raga di mana kapal harus berkecepatan tinggi dan mudah diolah gerak.

0 komentar:

Posting Komentar