Pengikut

maritime script

web site hit counter

About Me

Foto Saya
Konsultan Maritim
Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
Konsultan Maritim,lembaga untuk pemberian pendidikan dan pelatihan bidang kemaritiman khususnya angkutan laut niaga termasuk penyediaan buku-buku terkait baik yang dikarang oleh blogger sendiri maupun buku lainnya.Buku yng dikRng oleh Drs. FDC. Connie Sudjatmiko, MM antara lain: 1. Pokok-pokok Pelayaran Niaga, 2. Sewa-menyewa Kapal, 3. Hukum Dagang Laut Bagi Indonesia, 4. Sistem Angkutan Peti Kemas, 5. Pabean Ekspor Impor, 6. Ensiklopaedia Maritim. Buku-buku tersebut dapat dipesan melalui blog ini.
Lihat profil lengkapku

Sponsored by

Senin, 19 Juli 2010

Shipment Transformation (lanjutan 2)

Seorang sahabat yang baru saja membaca artikel berjudul Shipment Transformation (lanjutan), menelpon blogger untuk menanyakan apakah hitung-hitungan yang tercantum dalam artikel tersebut memang riil, berdasarkan tarip yang berlaku uptodate, atau bagaimana?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama blogger bertanya kepadanya kenapa kok kamu menelpon dan bukannya menulis saja dalam komentar? Dia jawab kalau telpon 'kan instant, tidak usah menyiapkan email out dan seterusnya.

Saya lanjutkan: untuk memperoleh angka yang uptodate realtime, anda dapat meng-klik saja Frfeight Conference yang ada dalam sistem pelayaran niaga dunia, yang daftarnya di internet ada seabreg, kata saya.

Hitung-hitungan dalam artikel tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran apa yang kurang lebih dapat diperoleh perusahaan freight forwarder yang mengerjakan kegiatan stuffing barang ekspor -- sekaligus cargo consolidation, penyiapan muatan container ekspor sampai margin yang diharapkan dapat diperolehnya dari beinis memberikan pelayanan ekspor barang seperti itu.

Freight Forwarder yang mempunyai peluang memperoleh margin seperti itu juga diasumsikan merupakan perusahaan yang (cukup) besar dan memelihara kelengkapan kerja sebagai berikut:
a. Mempunyai, atau mengoperasikan gudang Container Freight Station di luar pelabuhan di mana dia dapat mengerjakan stuffing barang-barang secara bebas tidak terganggu oleh kendala apapun;
b. Mempunyai armada angkutan darat konvensional (truck-truck biasa, bukan tronton dan bukan truck gandengan), untuk menjemput barang ekspor breakbluk dari lokasi pengumpulannya di pedalaman untuk dibawa ke CFS termaksud;
c. Mempunyai atau mengoperasikan armada container chassis dan atau container trailer yang mencukupi;
d. Mempunyai staff cargo packer, cargo consolidator yang mumpuni ditambah staff yang menguasai prodosedur kepabeanan lengkap, termasuk yang mempunyai sertifikat PPJK yang diberikan oleh Pusdiklat Bea dan Cukai;
e. Bermodal kuat;
f. Manajemennya kuat.

Perusahaan freight forwarder, atau perusahaan logistics yang dicirikan di atas, sebagaimana digambarkan dalam artikel berjudul Shipment Transformation dan Shipment Transformation (lanjutan), bukan saja dapat mempraktekkan kegiatan "jemput bola" free of charge, tetapi sebagaimana digambarkan, tidak memungut bayaran apapun bagi hampir semua pelayanan yang diberikannya kepada pelanggannya, eksportir garment yang berlokasi di Garut tersebut.

Bayaran ditagih bagi jasa yang diberikan oleh pihak ke-3 yaitu kereta api dan perusahaan trucking yang melaksanakan pengangkutan container dari stasiun KA Kampung Bandan/Beos sampai pelabuhan Tangjung Priok serta kegiagtan kepelabuhanan yang trkait, dan perusahaan pelayaran tentunya.

Dengan pelayanan yang serba gratir tersebut, freight forwarder yang juga menurunkan biaya pengangkutan "ocean carrier" masih dapatmemperoleh margin yang cukup besar. Itulah kekuatan jenis perusahaan freight forwarder besar; bagi freight forwarder lain yang belum sekuat itu, tentunya berat untuk memberikan pelayanan free of charge untuk hampir semua jenis pelayanan yang diperlukan bagi penyiapan dan pelaksanaan pengapalan barang ekspor dan dalam hal demikian tentunya peluangnya untuk mendapat customer besar juga lebih terbatas. Tidak seperti yang digambarkan dalam artikel di mana eksportir, sekali transaksi ekspor mengapalkan 28 box peti kemas.

0 komentar:

Posting Komentar